MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 10 SERANG

-

Authors

  • Ari Gunardi STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Kemampuan, Berbicara, Sosiodrama

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDI Al Azhar 10 Serang. Jumlah siswa kelas V sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian tindakan kelas yaitu mengamati pembelajaran kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SDI Al Azhar 10 Serang. Dalam penelitian awal ini, guru bekerjasama dengan guru untuk mengetahui hasil awal kemampuan berbicara siswa. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran tersebut adalah dengan memberikan tugas kepada siswa untuk menulis deskripsi tentang kegemarannya. Kemudian siswa diminta untuk membacanya dalam hati. Setelah itu, satu per satu dari siswa maju ke depan mendeskripsikan diri siswa secara lisan tanpa membawa teks yang telah siswa buat sebelumnya. Berdasarkan pengamatan tersebut, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam hal berbicara. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapat ke dalam kalimat yang benar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di pada siswa kelas V SDI Al Azhar 10 Serang, yaitu ketika peneliti mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menyampaikan gagasan dari sebuah karangan yang ditulisnya, siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan dari karangannya. Rendahnya kemampuan berbicara siswa sangat terlihat dalam proses pembelajaran. Peneliti melihat dari 38 siswa yang di beri intruksi untuk menyampaikan gagasan dari sebuah karangan, hanya ada 9 siswa (23,68%) yang berani dan mampu menyampaikannnya dengan tepat dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode sosiodrama melalui pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Islam Al Azhar 10 Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi kemampuan awal peneliti bersama guru kelas 38 orang dari 26 orang siswa terdapat 5 siswa yang mampu berbicara dengan persentase (13,1%) dan 33 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase (86,9%), dengan nilai rata-rata kelas 23,68.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 10 SERANG: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 1(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/53