PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SINGAPADU

-

Authors

  • Ika Evitasari Aris STKIP Pelita Pratama
  • Rinawati STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Metode Eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Singapadu Kecamatan Curug. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Singapadu Kecamatan Curug tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 42 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Singapadu Kecamatan Curug. Hal ini sesuai dengan perhitungan program SPSS 23 for Window yang menggunakan analisis Uji t. Berdasarkan hasil penghitungan dihasilkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 40,50. Sedangkan pada postest yang sesudah diberi perlakuan memiliki rata-rata yaitu 63,75  dengan jumlah responden 20. Hasil perhitungan data menunjukan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,05 ini berarti nilai lebih besar dari 0,05 menunjukan bahwa hipotesis diterima.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SINGAPADU: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 1(01). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/50