MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI UNTUK USIA SMP

Authors

  • Fadlilah Fahmi UNIVERSITAS PRIMAGRAHA
  • Andita UNIVERSITAS PRIMAGRAHA

Keywords:

Pengembangan, Model, Servis Bawah

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model servis bawah bola voli untuk usia SMP dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi SMP yang terdiri dari 60 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen test servis bola voli yang digunakan untuk mengumpulkan data servis bawah bola voli anak usia SMP, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes servis bawah untuk mengetahui tingkat kemampuan servis bawah bola voli untuk usia SMP sebelum pemberian treatmen berupa model servis bawah yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan servis bawah setelah perlakuan atau treatmen model servis bawah yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat servis bawah siswa sebesar 3956, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model servis bawah diperoleh tingkat kemampuan servis bawah siswa sebesar 5572. Maka model servis bawah bola voli ini efektif dalam meningkatkan pembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI UNTUK USIA SMP. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(02), 176-186. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/344