PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BETAWI PADA KELAS VI DI SDN BATU AMPAR 01 PAGI JAKARTA TIMUR
Keywords:
Koneksi Matematika, Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Etnomatematika Betawi, pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika siswa dengan menggunakan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Etnomatematika Betawi pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (a). Adapun desain yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc.Taggart dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan (Planning). (2). Aksi atau tindakan (Acting). (3). Observasi (observing). (4). Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di kelas (VI) Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument lembear kerja observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa terjadi peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I, sekitar 63% tergolong siswa memiliki kemampuan Koneksi Matematika siswa yang tinggi, 9% tergolong memiliki kemampuan Koneksi Matematika sedang dan 28 % tergolong memuliki kemampuan yang rendah. Pada siklus I, mengalami peningkatan yang signifikan, sekitar 90% siswa tergolong memiliki kemampuan Koneksi Matematika tinggi, 6% tergolong memiliki kemampuan Koneksi Matematika sedang dan 4% memiliki kemampuan Koneksi Matematika yang rendah. Rata-rata nilai kemampuan Koneksi Matematika pada siklus I sebesar 78,2 dan siklus II meningkat menjadi sebesar 87,6.