KAJIAN METODE MENYIMAK RANGSANG IMAJINATIF BERBASIS KARAKTER DAN PEMBELAJARAN SASTRA ANAK

Authors

  • Maya Kuswaty UNIVERSITAS PRIMAGRAHA

Keywords:

Menyimak, Mendongeng, karakter, sastra anak

Abstract

Proses pembelajaran saat ini memasuki era baru setelah pandemi covid-19 melanda dunia. Pembelajaran pada masa pandemi mengharuskan proses pembelajaran berlangsung dari jarak jauh antara siswa dan guru. Tentu hal tersebut mempengaruhi seluruh aspek keterampilan berbahasa. Sebelumnya, siswa terbiasa menyimak penjelasan guru secara langsung. Pada pembelajaran jarak jauh, siswa harus menyimak apa yang disampaikan guru dengan bantuan media elektronik. Dalam era baru ini secara bertahap berangsur pulih kembali pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Maka untuk menutupi atau memulihkan kembali aspek keterampilan berbahasa yang kurang dibutuhkan upaya yang dapat menguatkan kembali potensi keterampilan berbahasa siswa. Keterampilan menyimak perlu dioptimalkan menggunakan metode yang dapat merangsang imajinasi dan kemampuan siswa untuk mampu berpikir secara mendalam. Penguatan karakter dalam balutan sastra anak menjadi sebuah pertimbangan agar proses pembelajaran dapat menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Author Biography

  • Maya Kuswaty, UNIVERSITAS PRIMAGRAHA

    Proses pembelajaran saat ini memasuki era baru setelah pandemi covid-19 melanda dunia. Pembelajaran pada masa pandemi mengharuskan proses pembelajaran berlangsung dari jarak jauh antara siswa dan guru. Tentu hal tersebut mempengaruhi seluruh aspek keterampilan berbahasa. Sebelumnya, siswa terbiasa menyimak penjelasan guru secara langsung. Pada pembelajaran jarak jauh, siswa harus menyimak apa yang disampaikan guru dengan bantuan media elektronik. Dalam era baru ini secara bertahap berangsur pulih kembali pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Maka untuk menutupi atau memulihkan kembali aspek keterampilan berbahasa yang kurang dibutuhkan upaya yang dapat menguatkan kembali potensi keterampilan berbahasa siswa. Keterampilan menyimak perlu dioptimalkan menggunakan metode yang dapat merangsang imajinasi dan kemampuan siswa untuk mampu berpikir secara mendalam. Penguatan karakter dalam balutan sastra anak menjadi sebuah pertimbangan agar proses pembelajaran dapat menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

KAJIAN METODE MENYIMAK RANGSANG IMAJINATIF BERBASIS KARAKTER DAN PEMBELAJARAN SASTRA ANAK. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(02), 135-147. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/341