PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA SISWA SD

Authors

  • Rokmanah UNIVERSITAS PRIMAGRAHA
  • Fadhli Dzil Ikrom UNIVERSITAS PRIMAGRAHA

Keywords:

Media pembelajaran, Pembelajaran IPS, Smart Apps Creator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPS materi potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk dengan menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui android dan laptop yang valid dan praktis untuk peserta didik di SD Negeri Serang 20. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D- Model), yang terdiri atas 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 20 dengan subjek penelitian 33 peserta didik dan 1 guru kelas IV. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif digunakan untuk menganalidisi kevalidan dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan peningkatan pemahaman kognitif peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi Smart Apps Creator yang praktis membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang abstrak dan mudah dalam memahami materi, terlihat dari ketertarikan dan peningkatan kognitif peserta didik pada muatan IPS materi potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA SISWA SD. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(02), 127-134. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/339