IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND CREATE (RADEC) DAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rifa Kurnia Agriyana UNIVERSITAS PRIMAGRAHA
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Model pembelajaran RADEC, Inkuiri, Keterampilan proses sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC dan model Pembelajaran Inkuiri terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa sekolah dasar. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan the matching pretest-postest design. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen 1 yang memperoleh pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) dan kelas eksperimen 2 yang memperoleh pembelajaran inkuiri. Kedua kelas tersebut berasal dari salah satu sekolah dasar negeri yang ada dikota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes Keterampilan Proses Sains pada tema “Ekosistem” dengan bentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran dapat meningkatkan KPS secara signifikan (p<0.05). Namun demikian model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan KPS lebih tinggi (0.37) dibanding model pembelajaran inkuiri (0.04) secara signifikan (p<0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC dapat lebih meningkatkan KPS dibanding model pembelajaran inkuiri.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN-AND CREATE (RADEC) DAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(02), 117-126. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/338