PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR)

Authors

  • Fadhli Dzil Ikrom
  • Fajar Yumanhadi Aripin

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini setidaknya bertujuan dalam rangka mengukur rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS, yang dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruhnya model pembelajaran  kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap motivasi belajar IPS di sekolah dasar . Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan analisis studi  literatur yang pengambilan datanya atau instrumen-instrumen penelitian dari sumber primer dan sumber sekunder. Data primer yang merupakan analisis bersumber dari buku yang berkaitan dengan variabel x dan y. Data sekunder yang diambil dari skripsi, dan jurnal.

Berdasarkan hasil analisis data primer dan data sekunder maka diperoleh bahwa pembelajaran yang diterapkan dengan model numbered head together (NHT) berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS. Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan strategi atau model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajarnya lebih rendah (hasil belajar).Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap motivasi  belajar siswa pada pembelajaran IPS

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Dzil Ikrom, F., & Yumanhadi Aripin, F. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(01), 63-77. Retrieved from https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/276

Issue

Section

Articles