PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD

Authors

  • Anna Maria Oktaviani

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, IPS SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Citorek Gugus V. Metode Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan path analysis, yang bertujuan untuk menelaah: Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Berprestasi. Adapun yang dikaji terdiri atas dua variabel yaitu: Kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X1), Motivasi Berprestasi (X2).Populasi pada penelitian ini adalah di kelas IV SD Negeri Citorek Gugus V, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Rangkasbitung Banten. Yang terdiri dari lima sekolah dengan total jumlah 156 siswa. Pengambilan Sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel setelah 30 orang siswa di jadikan uji coba instrument. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau pernyataan untuk memperoleh data tentang pengaruh kecerdasan emosional (X1) motivasi berprestasi(X2) dengan menggunakan skala penelitian (Skala Likert) dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung kecerdassan emosional terhadap motivasi berprestasi dengan nilai kolerasi 0,388 dan nilai koefisien jalur 0,238.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. (2022). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(01), 36-47. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/274