UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICT FLASH SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yumanhadi Aripin
  • Fadhli Dzil Ikrom

Keywords:

Literasi Sains, Media ICT Flash, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Literasi Sains siswa dengan menggunakan Media pembelajaran ICT Flash pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (a). Adapun desain yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc.Taggart dengan langkah-langkah yaitu : (1). Perencanaan (Planning). (2). Aksi atau tindakan (Acting). (3). Observasi (observing). (4). Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di kelas (V) Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrument lembear kerja observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa terjadi peningkatan Kemampuan Literasi Sains siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I, sekitar 63% tergolong siswa memiliki kemampuan Literasi Sains siswa yang tinggi, 9% tergolong memiliki kemampuan Literasi Sains sedang dan 28 % tergolong memuliki kemampuan  yang rendah. Pada siklus I, mengalami peningkatan yang signifikan, sekitar 90% siswa tergolong memiliki kemampuan Literasi Sains tinggi, 6% tergolong memiliki kemampuan Literasi Sains sedang dan 4% memiliki kemampuan Literasi Sains yang rendah. Rata-rata nilai kemampuan Literasi Sains pada siklus I sebesar 78,2 dan siklus II meningkat menjadi sebesar 87,6.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICT FLASH SISWA SEKOLAH DASAR. (2022). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(01), 1-15. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/270