PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HANDSTAND SENAM LANTAI MELALUI MEDIA ALAT BANTU (Studi Action Research pada SMP Negeri 3 Kota Serang)

Authors

  • Aripin, M.Pd Universitas Primagraha

Keywords:

hasil belajar, keterampilan senam lantai handstand

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan handstand. Jumlah subjek penelitiannya sebanyak 30 siswa. Metode observasi yang digunakan adalah metode observasional tindakan dengan rancangan dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari delapan kali pertemuan. Setiap pertemuan terakhir dilakukan esai, esai yang digunakan adalah esai keterampilan smash bola voli. Hasil observasi yang diperoleh pada saat uraian pra tuntas siklus siswa adalah 67,77, selanjutnya pada siklus i. meningkat menjadi 69,77, kemudian pada siklus II. Tingkat ketuntasan pencapaian siswa meningkat menjadi 77,8. Oleh karena itu pada siklus II. kriteria keberhasilan tercapai, oleh karena itu peneliti tidak perlu melakukan penelitian pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan belajar handstand dapat meningkat dengan penggunaan alat bantu matras, kursi memanjang dengan tinggi 70cm, kotak, modifikasi dinding dengan karet, teman sebaya di SMP Negri 3 Serang Banten.

Downloads

Published

2021-10-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HANDSTAND SENAM LANTAI MELALUI MEDIA ALAT BANTU (Studi Action Research pada SMP Negeri 3 Kota Serang). (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(2), 59-69. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/151