MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI METODE BAGIAN DI SMK NURUL HUDA BAROS SERANG

Authors

  • Rohmad Subagio Universitas Primagraha

Keywords:

Lompat Tinggi, Metode Bagian

Abstract

Pendekatan pembelajaran berfungsi sebagai jembatan penghubung antara bahan pelajaran dan tujuan yang akan dicapai. Pendekatan pembelajaran dalam pelaksanaan belajar mengajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang sering digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani ialah pendekatan pembelajaran bagian. Pendekatan bagian atau part approach, dalam pelaksanaannya materi disampaikan secara unit-perunit atau bagian perbagian menjadi satu kesatuan yang utuh. Secara eksplisit penelitian ini untuk meningkatkan teknik lompat tinggi dengan menggunakan metode bagian pada cabang olahraga atletik di SMK Nurul Huda Baros Serang. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dapat penulis kemukakan adalah sebagai berikut : 1). Metode bagian dalam pembelajaran penjas dapat meningkatkan keterampilan teknik lompat tinggi pada cabang olahraga atletik di SMK Nurul Huda Baros Serang. 2). Peningkatan teknik lompat tinggi pada cabang olahraga atletik di SMK Nurul Huda Baros melalui metode bagian adalah sebesar 24,92 %. Kepada guru pendidikan jasmani diharapkan untuk meningkatkan kualitas mengajar dan mencoba menerapkan berbagai metode dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Published

2021-10-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI METODE BAGIAN DI SMK NURUL HUDA BAROS SERANG. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(2), 44-58. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/150