ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING (Online) SISWA PADA PELAJARAN PJOK

Authors

  • Fauzi Fadliansyah Universitas Primagraha
  • Fauzan Imanullah STKIP Syech Manshur

Keywords:

Peran orang tua, Motivasi, Daring

Abstract

Pemberian motivasi belajar dari orang tua terhadap anaknya tidak maksimal, orang tua harusnya bisa meluangkan waktu membimbing dan mendorong anaknya sehingga keinginan untuk belajar anak meningkat. Maka, anak tersebut terdorong dengan sendiri rasa ingin tahu segala hal dengan cara belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap motivasi belajar Daring siswa. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dan dilakukan pada siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa di SD Negeri Pagerbatu 2, Padeglang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: peran orang tua terhadap motivasi belajar Daring siswa masuk dalam tiga kategori yakni kategori Rendah memiliki persentase 24%, kategori Sedang 28%, dan kategori Tinggi 48%. Pada kategori Rendah orang tua tidak mengawasi penuh pada saat siswa melaksanakan pembelajaran daring, kategori Sedang orang tua kurang sabar memberikan pemahaman kepada anaknya ketika pelajaran Daring PJOK berlangsung, dan kategori Tinggi orang tua merasa mudah dalam membimbing siswa, mengawasi dan sabar ketika pembelajaran berlangsung.

Published

2021-10-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING (Online) SISWA PADA PELAJARAN PJOK. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(2), 29-43. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/149