UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI MODEL BERMAIN PADA SISWA KELAS X SMK PUTRA BANGSA, KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG TAHUN 2017/2018

Authors

  • Andita Febriyanto, M.Pd. Universitas Primagraha

Keywords:

PTK, Hasil belajar, model bermain, tolak peluru gaya menyamping

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping melalui model bermain pada siswa kelas X SMK Putra Bangsa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian adalah siswa kelas X AP/MM/OT, SMK Putra Bangsa yang berjumlah 24 siswa. Tempat penelitian ini dilakukan disekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengamati hasil belajar tolak peluru gaya menyamping selama 2 kali pertemuan (2 siklus). Hasil penelitian ini mendeskripsikan adanya peningkatan positif pada setiap siklusnya. Setelah data dianalisis, siklus pertama menunjukkan hasil yang berarti pada siswa, persentase belajar belum tercapai, hanya 58 % atau 14 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya, pada siklus kedua siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 92% atau 22 siswa. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari siklus pertama dan sudah mencapai ketuntasan belajar ialah 75. Dengan melihat deskripsi hasil penelitian pada pembelajaran keterampilan gerak dasar tolak peluru gaya menyamping, dapat disimpulkan bahwa pada setiap siklusnya tindakan yang diberikan memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan persentase keberhasilan gerak dasar tolak peluru gaya menyamping. Persentase keberhasilan dapat ditingkatkan lagi dengan pemilihan dan penggunaan model bermain yang lebih tepat dan lebih menarik.

Downloads

Published

2021-10-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI MODEL BERMAIN PADA SISWA KELAS X SMK PUTRA BANGSA, KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG TAHUN 2017/2018. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(2), 14-28. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/148