SURVEY KEMAMPUAN DRIBBLING, PASSING, DAN SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA TIM BOLA BASKET PUTRA DI SMA NEGERI 1 PABUARAN KABUPATEN SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018

-

Authors

  • Gustaman Candra Pardini Universitas Primagraha

Keywords:

Passing, Dribbling, dan Shooting, Permainan    Bola Basket.

Abstract

Permasalahn penelitian adalah: 1) Seberapa tinggi keterampilan teknik dasar bola basket seperti passing, dribbling, dan shooting pada tim bola basket putri SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Serang Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kemampuan teknik dasar bermain bola basket seperti passing, dribling, dan shooting pada tim bola basket putri SMA Negeri 1 Pabuaran.

Populasi dalam penelitian ini adalah pemain tim bola basket putri SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2017/2018. Karena jumlahnya terbatas yaitu 15 orang, maka semua populasi diambil untuk dijadikan sempel. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang. Sesudah sampel dipilih maka dilakukan pengumpulan data dengan pencatatn data tes kemampuan bola basket.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian perhitungan menggunakan rumus deskriptif presentase. Dari hasil perhitungan, dan hasilnya bervariasi untuk keterampilan passing kategori baik sebanyak 6 siswi (40%) dan yang masuk kategori sedang 9 siswi (60%). Ketrampilan dribbling kategori baik 3 siswi (20%), kategori sedang 9 siswi (60%), dan kategori kurang 3 siswi (20%). Keterampilan shooting kategori baik 3 siswi (20%), kategori sedang 9 siswi (60%), dan kategori kurang 3 siswi (20%).

Kesimpulan bahwa kemampuan teknik dasar passing, dribbling, dan shooting pada tim bola basket putri SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Serang Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sedang. Saran bagi pelatih sebaiknya memberikan porsi latihan yang lebih dan memberikan metode latihan dengan baik dan benar, diharapkan pula dapat mengadakan latih tanding dengan tim yang jauh berpengalaman. Bagi semua pemain hendaknya membiasakan diri untuk lebih giat lagi berlatih bola basket terutama teknik dasar seperti passing, dribbling, dan shooting.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

SURVEY KEMAMPUAN DRIBBLING, PASSING, DAN SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA TIM BOLA BASKET PUTRA DI SMA NEGERI 1 PABUARAN KABUPATEN SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(01), 1-11. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/112