PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBIASAAN LITERASI SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN SINGAPADU

-

Authors

  • Ari Gunardi Universitas Primagraha
  • Roudhatus Sahiyah Universitas Primagraha

Keywords:

Membaca Pemahaman, Pembelajaran Bahasa Indonesia Pembiasaan Literasi

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan Membaca Pemahaman Pra tindakan rata - rata siswa hanya

25 nilai ini masih dibawah Kriteria ketuntasan mengajar (KKM) pada Pembelajaran Bahasa Indonsia yaitu 65. Hal ini disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Dengan bantuan pembiasaan literasi sebelum memulai pelajaran di harapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian mendeskripsikan dengan pembiasaan literasi sebelum memulai pembelajaran dapat meningkatkan Membaca pemahaman di kelas IV SDN Singapadu. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Singapadu dengan jumlah siswa 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi Siswa dan Angket. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing – masing siklus yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan literasi sebelum memulai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Singapadu. Aktivitas siswa pada prasiklus yaitu 23% meningkat menjadi 50% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Rata – rata hasil belajar siswa pada Pra siklus sebesar 25 meningkat menjadi 65 pada siklus I dan 88 pada siklus II. Ketuntasan kelas pada Pra siklus sebesar 23% meningkat menjadi 50% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pembiasaan literasi sebelum memulai pembelajaran dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa . hal ini tampak dari peningkatan nilai rata – rata kelas dan ketuntasan klasikal seperti yang di paparkan di atas . adanya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat di perlukan sehingga dapat meningkatan hasi belajar siswa. Dengan adanya pembiasaan literasi sebelum memulai pembelajaran siswa cepat mengerti dalam membaca pemahaman.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBIASAAN LITERASI SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN SINGAPADU: -. (2021). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 2(01), 1-11. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/110