ANALISIS PENGARUH PERCEIVED ATTRACTIVENESS, KUALITAS PELAYANAN DAN PERCEIVED VALUE FOR MONEY TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MUSEUM KEPURBAKALAAN BANTEN LAMA

Authors

  • dini putri universitas primagraha

Keywords:

Perceived attractiveness, Quality Service, Perceived Value for Money, Customer Satisfaction and Revisit Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh daya tarik yang dirasakan, kualitas pelayanan, nilai uang yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan di objek wisata museum kepurbakalaan banten. Memediasi pengaruh kepuasan terhadap daya tarik yang dirasakan, kualitas pelayanan dan nilai uang yang dirasakan terhadap niat konsumen untuk mengunjungi kembali obyek wisata museum kepurbakalaan banten. Dan untuk menguji pengaruh persepsi daya tarik, kualitas pelayanan, persepsi nilai uang terhadap niat konsumen mengunjungi kembali obyek wisata museum kepurbakalaan banten.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek wisata museum kepurbakalaan banten. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 165 orang.

Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural (structural equation modeling/SEM), dengan bantuan AMOS.

Hasil penelitian menunjukkan: 1. Perceived Attraction berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen wisata museum kepurbakalaan banten; 2. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan wisata museum kepurbakalaan banten; 3. Perceived value for money berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan wisata museum kepurbakalaan banten; 4. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisata kepurbakalaan banten; 5. Perceived Attraction berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat berkunjung kembali; 6. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat berkunjung kembali wisata kepurbakalaan banten; 7.Perceived value for money berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat berkunjung kembali museum kepurbakalaan banten.

Keywords:   Perceived attractiveness, Quality Service, Perceived Value for Money, Customer Satisfaction and Revisit Intention

Downloads

Published

2022-08-29

Issue

Section

Articles