IMPLEMENTATION OF THE PBL LEARNING MODEL INCREASING STUDENTS' CURIOSITY THROUGH ELEMENTARY SCHOOL ANIMATION VIDEO MEDIA

Authors

  • Siti Rokmanah Universitas Primagraha
  • Fadhli Dzil Ikrom Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp.v3i1.415

Keywords:

PBL, Rasa Ingin Tahu, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPS materi potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk dengan menggunakan penelitian dan pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui android dan laptop yang valid dan praktis untuk peserta didik di SD Negeri Serang 20. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D- Model). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 20 dengan subjek penelitian 33 peserta didik dan 1 guru kelas IV. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan peningkatan pemahaman kognitif peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi Smart Apps Creator yang praktis membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang abstrak dan mudah dalam memahami materi.

Downloads

Published

2023-07-26

Issue

Section

Articles