PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG KELAS 1 SDN CILAKU KECAMATAN CURUG SERANG – BANTEN

Authors

  • Ari Gunardi Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Ihya Isnada Universitas Primagraha

Keywords:

Kartu Angka, Penjumlahan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Latar belakang masalah dari penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurang maksimalnya kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak dan kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran di kelas 1 SDN Cilaku Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh media kartu angka terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak di Kelas 1 SDN Cilaku Kota Serang. Penelitian dilaksanakan di kelas 1 SDN Cilaku Kota Serang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 52 siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analysis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic diferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media kartu gambar angka terdapat pengaruh signifikan positif dari perhitungan hipotesis thitung > ttabel yaitu 23,59 > 0,279 dengan tingkat kepercayaan 95% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak di kelas 1 SDN Cilaku Kota Serang.

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG KELAS 1 SDN CILAKU KECAMATAN CURUG SERANG – BANTEN. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 70-78. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/294