PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hilda Dhaniartika Nurma'ardi Universitas Primagraha
  • Anna Maria Oktaviani Universitas Primagraha
  • Siti Rokmanah Universitas Primagraha

Keywords:

Pemahaman Konsep, Discovery learning, IPA.

Abstract

Memahami sebuah konsep merupakan langkah awal seorang siswa dalam mengembangkan ilmu yang dipelajarinya agar tidak salah makna. Untuk itu, menanamkan pemahaman dari sebuah konsep perlu dilakukan oleh seorang guru secara maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pencapaian dari penggunaan pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Kampung Melayu III. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriprif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner guna memperoleh informasi yang nyata dilapangan untuk kemudian dianalisis melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disumpulkan bahwa pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 45-54. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/292