STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI RUANG

Authors

  • Darojah SMA Negeri 1 Pabuaran
  • Gustaman Candra Pardini Universitas Primagraha

Keywords:

Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Efektif, Geometri Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mengajarkan materi geometri ruang bagi siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Pabuaran dengan cara mengaktifkan siswa saat pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengaktifkan siswa, peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Pabuaran, sedang objeknya adalah pembelajaran materi geometri ruang pada mata pelajaran matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil dalam menguasai materi geometri ruang. Peningkatan penguasaan materi ini dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 13 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebear 26 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pemangku jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan teknik mengaktifkan siswa.

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI RUANG. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 12-21. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/289