PENINGKATAN MINAT BACA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Maulana Harun Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/zem09m91

Keywords:

Interest in Reading, Independent Curriculum.

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa siswa memiliki minat membaca yang kurang, siswa memiliki minat yang rendah untuk pergi ke perpustakaan, siswa memiliki minat yang kuat untuk bermain game daripada pergi ke perpustakaan, dan siswa berdasarkan masalah seperti rendahnya minat membaca. Berisi berbagai jenis teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara spesifik implementasi gerakan literasi di sekolah dasar selama tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur. Penulis mengumpulkan 14 jurnal penerapan gerakan literasi di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang berdasarkan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini diperoleh dari jurnal-jurnal pelaksanaan kampanye literasi di sekolah dasar, di antaranya diterbitkan dalam enam tahun terakhir. Berdasarkan hasil review terhadap jurnal tersebut, pelaksanaan kampanye literasi sekolah dapat dilakukan dengan beberapa cara. yaitu melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar, melakukan kegiatan B3 (membaca buku level), menambah buku yang menarik, dan sebagainya. Kami mendirikan pojok baca, membuat majalah dinding, mengunjungi perpustakaan, dan membuat jadwal kegiatan membaca dan menulis di sekolah dasar.

References

Ahmadi, Farid, dkk. 2018. Media Literasi Sekolah. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Auliya, Arsy, Rahma, dkk. 2020. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Pandowan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Edupena.Vol. 01(2): 86-88.

Barbara, Laksita. 2020. Systematic Review dalam Kesehatan: Langkah Demi langkah. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.

Berliana, A. O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Penanaman Minat Baca Siswa Kelas IV. Joyful Learning Journal, 8(1), 25-30.

Cahyani,Isah. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Subdit kelembagaan Direktor Pendidikan Tinggi Islam.

Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 70-76.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Effendy, Muhadjir. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress.

Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: CV Budi.

Muhammad, Hamid. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Efendi Pohan, A. 2020. Gerakan Literasi Nasional. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Rohman, S. 2018. Membangun Budaya Membaca pada Anak melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.

Sidik, Umar,. & dkk. 2019. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri publishing.

Supriyadi, S. 2017. Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83-93.

Teguh, M. 2020. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Triaryanti, H., & Hidayah, N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ditinjau dari Tahap Pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Fundamental Pendidikan Dasar, 2(1), 35-39.

Widodo, A., Mafrudin, E., Sutisna, D., Sobri, M., & Erfan, M. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Siswa Lemah Baca di SD Kristen Maranatha Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan, 2(2), 133-140.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN MINAT BACA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. (2024). Jurnal Pelita Calistung, 5(1), 27-38. https://doi.org/10.59605/zem09m91