HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN TAMANSARI DIPENGARUHI OLEH MODEL PBL DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

Authors

  • Ahmad Sahrul Universitas Primagraha
  • Siti Kodriah Universitas Primagraha
  • Umamah Umamah Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/tz4zb624

Keywords:

Learning Results, IPA, PBL, Video Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek dari model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dibantu oleh video pembelajaran pada hasil pembelajaran ilmu pengetahuan siswa kelas VI di SDN Tamansari. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan model desain kelompok kontrol pra-test-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar ilmu pengetahuan dari kelompok eksperimental dan kelompok kontrol siswa. Nilai rata-rata hasil pembelajaran sains untuk siswa kelompok eksperimental adalah 85, sedangkan nilai rata-ratanya hasil belajar sains bagi siswa kelompok kontrol adalah 75. Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan untuk siswa kelompok eksperimental adalah 10 poin lebih tinggi daripada peningkatan hasil pembelajaran ilmu pengetahuan bagi siswa kelompok kontrol dengan 5 poin. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang didukung oleh video pembelajaran dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar ilmu siswa.

References

Aliyah, M., & Wahjudi, E. (2021). Studi Hasil Belajar Mata Pelajaran Spreadsheet Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Online dengan Dukungan Media Video. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1075-1083.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dita, P. P. S., Utomo, S., & Sekar, D. A. (2021). Implementation of Problem Based Learning (PBL) on interactive learning media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24-30.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hikmah, F. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 288-296

. Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174.

Nuriyanti, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal IPA Terpadu, 12(2), 125-132.

Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets dalam Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Barru: Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243-251.

Satya Widya. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Satya Widya: Jurnal UKSW, 2(2), 107-117.

Trianto. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Kencana.

Yanti, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN TAMANSARI DIPENGARUHI OLEH MODEL PBL DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. (2024). Jurnal Pelita Calistung, 5(1), 20-26. https://doi.org/10.59605/tz4zb624