MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PEMBERIAN TUGAS VIA APLIKASI SOSIAL MEDIA WHATSAPP DI SMPN 10 KOTA SERANG

Authors

  • Meti Istimurti

DOI:

https://doi.org/10.59605/735cq763

Keywords:

Kompetensi Guru, Pembelajaran Daring, Pemberian Tugas, Aplikasi Whatsapp

Abstract

Masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah rendahnya kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring yang sesuai standard proses pada masa mewabahnya Covid-19. Sedangkan tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran bermakna agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring melalui bimbingan dengan metode konsultasi pada Guru SMPN 10 Kota Serang Tahun 2020. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti didapat 20 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Cukup Baik, 20 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Baik, dan 5 orang Guru memiliki pemahaman pembelajaran daring dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi melaksanakan pembelajaran daring dan luring dapat ditingkatkan dengan metode pemberian tugas melalui aplikasi Whatssapp dengan pada guru SMPN 10 Kota Serang. 

References

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2 (1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia

Kusnandar. 2008 . Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maudiarti, Santi. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (1), 53-68.

Mustofa. 2007. Upaya pengembangan profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 4 (1):76-88.

Sriwihajriyah, N. ;, Ruskan, E. L. ;, & Ibrahim, A. (2012). Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(1), 450–449.

Wahyuni Eka Afrianti. 2018. Penerapan Google Class Room dalam Pembelajaran Akuntansi, Universitas Islam Indonesia.

Wicaksono, S. R. (2012). Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(1), 51. https://doi.org/10.11591/edulearn. v6i1.190

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PEMBERIAN TUGAS VIA APLIKASI SOSIAL MEDIA WHATSAPP DI SMPN 10 KOTA SERANG. (2024). Jurnal Pelita Calistung, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.59605/735cq763