PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DI SDN KRAMATWATU 1
DOI:
https://doi.org/10.59605/anw59w19Keywords:
Flash Card, Kemampuan Berhitung, KognitifAbstract
Kemampuan berhitung merupakan hal yang penting karena secara tidak langsung berkaitan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Pengenalan berhitung pada siswa kelas 1 SDN Kramatwatu 1 masih tergolong rendah, Hal ini tercermin dari anak belum mampu menyebutkan angka-angka secara berurutan atau mengasosiasikan simbol angka dengan jumlah benda Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas 1 melalui penggunaan flashcards. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah non-equivalent control group design. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil post-test pada kelompok eksperimen sebesar 15,35 dan pada kelompok kontrol sebesar 10,75. Hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen SDN Kramatwatu 1 sebesar 0,000. Nilai yang ditampilkan kurang dari 0,05, yang dapat dikatakan merupakan selisih antara hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa penggunaan materi berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelas 1 SDN Kramatwatu 1.
References
Alfitri, N., Saodi, S., & Herman, H. (2021). Pengaruh Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sossok. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 8. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.24706
Anisa Fitri. (2020). Pengaruh Media Puzzle Angka Modifikasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak. 4, 17–18.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Batubara, L., Ismet, S., & Marlina, S. (2019). Pengaruh Media Spindle Boxes Terhadap Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(2), 68. https://doi.org/10.24036/101895
Devita Philia. (2015). Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Kartini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69.
Jusmiyanti, A., Aswandi, A., & Yuniarni, D. (2015). Penggunaan Media Apron Number Dalam Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Anak Di Tk Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10).
Masudah, M. T. A. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan. JurnalPAUD Teratai, 9(1), 176–179.
Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16.
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937
Sarinah. (2020). Pengembangan Media Apron Hitung Dalam Pembelajaran Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Al-Madani Kabupaten Kepahiang. Tesis. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi KemampuanMotorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i1.6837
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Susanto, A. (2011). Pekembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada. Media Group.
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentukgame untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1),38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194
Downloads
Published
Versions
- 2024-02-29 (2)
- 2024-02-29 (1)