PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Farah Laila Universitas Primagraha
  • Nunu Nuraini Universitas Primagraha
  • Eva Nuraini Universitas Primagraha
  • Rifda Cita Zulviah Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/gptm5683

Keywords:

Kreativitas Siswa, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Artikel ini membahas dampak dari penggabungan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa. Pengintegrasian dua konsep ini membentuk lingkungan pembelajaran yang memberdayakan siswa, memberi mereka kebebasan untuk memilih proyek-proyek yang sesuai dengan minat dan bakat individu mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan siswa, kolaborasi, dan pengalaman belajar di luar kelas meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Dengan menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran, siswa tidak hanya terlibat secara aktif dalam proyek-proyek kreatif, tetapi juga memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang aplikasi konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi yang fleksibel dan dukungan instruksional yang mendalam berperan kunci dalam keberhasilan implementasi ini. Kesimpulannya, penggabungan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran berbasis proyek merangsang perkembangan kreativitas siswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.

References

Adnyawati, N. D. M. S. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Tentang Hidangan Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1).

Aras, L. , Satriani DH, S. D. , Amran, M. , & Dzikru, A. 2022. Hubungan Antara Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. AUTENTIK, 6(1).

Ardhyantama, V. 2020. Creativity Development Based on the Ideas of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73-86.

Anggraena, Y. , Felicia, N. , Eprijum, D. , Pratiwi, I. , Utama, B. , Alhapip, L. , & Widiaswati, D. 2022. Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Bernadi, R. M. A. 2017. Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD melalui Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 91-101.

Hermalindawati, H. , & Marlina, M. 2021. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4361-4368.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014

Lufri, dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH.

Nurmawati, A. D. , Nisa, A. F. , Rosianawati, A. , Artopo, B. , Erva, R. A. L. , & Nizhomi, B. 2022. Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri Nga Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366-1372.

Sujana, Atep & Sopandi, P. H. W. 2020. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Tyassih, Serelicciuz Andjar. 2022. Model Pembelajaran Project Based Learning, Tujuan, Sintak dan Contohnya.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. (2024). Jurnal Pelita Calistung, 5(1), 39-46. https://doi.org/10.59605/gptm5683