TINJAUAN KRITIS ATAS PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anna Trihartini Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.552

Keywords:

Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar, Kesulitan Belajar, Faktor Siswa, Faktor Kurikulum

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih menjadi permasalahan yang kompleks. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi IPS. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa antara lain kurangnya minat siswa terhadap pelajaran IPS, terbatasnya sumber belajar, serta kurangnya kelancaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan kritis atas permasalahan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur review. Metode ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif yang menggunakan sumber data dari berbagai literatur seperti artikel, buku, jurnal, dan dokumen lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Data diperoleh dari studi literatur yang terkait dengan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar, yaitu faktor siswa, guru, dan kurikulum. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran IPS, meningkatkan kualitas guru dalam mengajar, serta memperbaiki kurikulum yang ada.

References

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumene. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 65-66, DOI: 10.25273/pe.v8i1.2516, http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/2516

Jelita, A, & Putra, ED. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13 (2), 435-436, https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/1010.

Novianti, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah IPS Kelas IV SD Negeri Gendengan Seyegan -Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Nurhasana, P.D., Kiki, A., Henni, R., (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9661/7367

Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Journal of Primary Education, 2 (1), DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1945.

Suci, N.A., Istiyati, S., Kamsiyati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPS dan Upaya Penanganan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. file:///C:/Users/User/Downloads/65869-195420-1-PB.pdf

Utami, A.T., H Mulyono., S Istiyati. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas iv di sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 9 (2), DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.48747.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

TINJAUAN KRITIS ATAS PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 139-147. https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.552