ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS HOTS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aulia Dinayah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.530

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar Digital, High Order Thinking.

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu jenis bahan ajar yang merupakan komponen penting dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus lebih inovatif dalam membuat bahan ajar yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan untuk pengembangan LKPD digital berbasis HOTS. LKPD digital berbasis HOTS adalah bahan ajar yang dikemas dalam bentuk digital, sehingga lebih terjangkau untuk digunakan. Selain itu, pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah fokus dari materi pelajaran ini. Penelitian kualitatif deskriptif ini melakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan tanggapan untuk pengembangan LKPD digital berorientasi HOTS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran angket. Bagaimana siswa merespon pada penggunaan LKPD yang ada dan yang akan dikembangkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan LKPD digital berbasis HOTS cukup baik. Belum ada LKPD digital yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas siswa, dan cenderung monoton yaitu masih bersifat konvensional. Selain itu, peserta didik setuju bahwa pengembangan LKPD digital berbasis HOTS menarik dan mudah dipahami. Oleh karena itu, data hasil analisis kebutuhan ini digunakan sebagai studi pendahuluan untuk mengembangkan LKPD digital berbasis HOTS yang dapat digunakan.

References

Julian, R. (2019). Analisis Kebutuhan e-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan. Vol.1(1). Hal.238-243.

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36-46.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Malalina, & Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 55–70. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis.

Mujiansyah, R. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) dan Penggunaan Media LKS Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Soko Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 20-30.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 17(2), 59–66. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/download/145/97

Saraswati, S. M. P., dan Agustika, S. N. G. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.4, N0.2. hal.257-259.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301-311.

Wiladani, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Konsep Persamaan Dasar Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 16 Medan TP 2019/2020 (Doctoral dissertation, UMSU).

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS HOTS DI SEKOLAH DASAR . (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 110-120. https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.530