PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kania Adha Nesya Universitas Primagraha
  • Anna Maria Oktaviani Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.529

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan tinjauan literatur yang menganalisis dan membahas temuan dari berbagai bentuk penelitian sebelumnya yang memiliki topik yang relevan dengan masalah yang dikaji oleh penulis. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Pendekatan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dalam penyelidikan studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan temuan hasil analisis dan kajian dari dampak paradigma pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPS di sekolah dasar yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan penelusuran 3 jurnal dari sumber yang relevan, pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan model pembelajaran yang bermanfaat untuk membantu siswa dalam belajar secara aktif dan mampu memecahkan masalahnya sendiri sehingga solusinya tetap dipegang oleh siswa. Hasil dari berbagai percobaan model PBL yang dilakukan di tingkat sekolah dasar dengan menggunakan berbagai bentuk penelitian, seperti penelitian kuantitatif, PTK, dan R&D menunjukkan hasil bahwa penggunaan Model PBL merupakan pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa, yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(2), 101-109. https://doi.org/10.59605/jpc.v4i2.529