MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TIME GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN CADASARI 2

Authors

  • Sony Puspitawaty

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif Tipe TGT, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa materi Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu, Budha dan Islam siswa kelas V SDN Cadasari 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Cadasari 2 yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan instrument terlebih dahulu divalidasisecara expert judgement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifkualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa atau 57,69% dan belum tuntas 11 siswa atau 42,31%. Setelah tindakan siklus II, siswa yang mengalami ketuntasan belajar naik menjadi 26 siswa atau 96,15%. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan siklus I sebesar 70,77 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96,15, dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 16,00 poin atau 61,64%.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TIME GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN CADASARI 2. (2023). Jurnal Pelita Calistung, 4(1), 13-27. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/376