TEKNIK KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU ANAK NAKAL ( studi kualitatif di kelas 4 SekolahSDN kedalaeman IV Cilegon – Banten )

Authors

  • Indra Sudrajat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Euis Fatimah STKIP Pelita Pratama

Keywords:

Perilaku Anak Nakal, Analisis Transaksional

Abstract

Tujuan Penelitian: 1) Mengetahui  konseling analisis transaksional dalam membantu mengubah perilaku siswa yang susah diatur dan suka mengganggu teman di kelas; 2) Mengetahui pengaruh konseling analisis transaksional untuk mengubah perilaku siswa yang susah diatur dan suka mengganggu teman di kelas. Penelitian berbentuk study kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pelaksanaan menerapkan konseling analisis transaksional. Subyek Penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri IV  pada tahun 2016/2017 yang mempunyai perilaku nakal. Sumber Data : 1) Primer : Siswa; 2) Sekunder : Guru kelas; Teman. Langkah-langkah penelitian: 1) membangun hubungan; 2) identifikasi dan eksplorasi masalah, 3) merencanakan pemecahan masalah, 4) aplikasi solusi dan penutupan konseling. Teknik Pengumpulan Data: 1) Observasi; 2) Wawancara (Interview); dan 3) Dokumentasi. Validitas Data: 1) Triangulasi Data; 2) Triangulasi Metode; dan 3) Informan Review, Teknik Analisa Data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian: setelah 3 kali konseling berjalan, anak yang awalnya mempunyai perilaku nakal (mengganggu teman, memukul teman, membuat gaduh/rame, mondar-mandir) mengalami perubahan perilaku kearah yang baik. Dilihat dari berubahnya intensitas frekuensi kenakalan dengan ferekwensi semakin menurun. Maka hal ini membuktikan bahwa Teknik konseling analisis transaksional berhasil dalam penyelesaian pada perilaku anak nakal.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

TEKNIK KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU ANAK NAKAL ( studi kualitatif di kelas 4 SekolahSDN kedalaeman IV Cilegon – Banten ). (2020). Jurnal Pelita Calistung, 1(01), 16-24. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/34