HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SDN KEDALEMAN IV CILEGON

Authors

  • Mursyid Irfan Universitas Sultan Agung Tirtayasa
  • Asri Yulianti STKIP Pelita Pratama

Keywords:

: kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris di SDN Kedaleman IV Cilegon tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan datanya  dengan menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SDN Kedaleman IV Cilegon Tahun Pelajaran 2016/2017

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SDN KEDALEMAN IV CILEGON. (2020). Jurnal Pelita Calistung, 1(01), 11-15. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/33