METODE LATIHAN (DRILL) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DAERAH DALAM MELAWAN PENJAJAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK di Kelas V SDN Panancangan I Kota Serang)

Authors

  • Fadhli Dzil Ikrom Universitas Primagraha

Keywords:

Metode Latihan (Drill), IPS, dan Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan sebuah nama mata pelajaran integrasi dari mata pelajaran sejarah, geografi, dan ekonomi serta pelajaran ilmu sosial lainnya. Pada pelajaran IPS khususnya materi tentang sejarah, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi tersebut. Maka dari itu peneliti memilih menggunakan metode latihan (drill). Metode tersebut digunakan bertujuan untuk perbaikan-perbaikan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan guna peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Adapun model penelitian yang diterapkan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart yang secara umum dilakukan dalam empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode latihan (drill) ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri Panancangan I Kecamatan Cipocok Jaya yang berjumlah 28 orang. Laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah  15 orang. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri Panancangan I. Hasil penelitian dalam PTK ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata kelas dari setiap siklusnya yaitu pada pra siklus nilai rata-rata kelasnya sebesar 26.6, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 51.2, siklus II sebesar 65.3, dan siklus III sebesar 78.6. Adapun hasil observasi terhadap guru diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 82% dan siklus III sebesar 87%. Hasil observasi terhadap siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 75%. Disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode latihan (drill) pada pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah  di kelas V SD Negeri Panancangan I.

 

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

METODE LATIHAN (DRILL) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DAERAH DALAM MELAWAN PENJAJAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK di Kelas V SDN Panancangan I Kota Serang). (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 55-69. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/293