PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KLS IV (PTK SDN Cikoneng 2 Kec. Mandalawangi Kab. Pandeglang)

Authors

  • Uvia Nursehah Universitas Primagraha
  • Anhari Runiat Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Science Technology Society (STS), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Ingin membantu guru menerapkan model pembelajaran STS pada mata pelajaran IPS pada konsep Teknologi produksi, Komunikasi dan Transportasi 2) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada konsep Teknologi produksi, Komunikasi dan Transportasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : 1) Rencana, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cikoneng 2 Kec. Mandalawangi  Kab. Pandeglang.  Dari analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, terjadi peningkatan prosentase keterampilan guru menerapkan model pembelajaran STS pada pembelajaran IPS, mulai dari sklus I nilai rata-rata hasil penilaian RPP 1,75 dan prosentasenya 58,3%, nilai rata-rata hasil penilaian mengajar guru pada siklus I 1,5 dan prosentasenya 50%, nilai rata-rata penilaian hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I 1,66 dan prosentasenya 83,3%, nilai rata-rata hasil tes pada siklus I adalah 38,2. Mulai dari sklus II nilai rata-rata hasil penilaian RPP 2,75 dan prosentasenya 91,6%, nilai rata-rata hasil penilaian mengajar guru pada siklus II 2,5 dan prosentasenya 83,3%, nilai rata-rata penilaian hasil aktivitas belajar siswa pada siklus II 2,66 dan prosentasenya 88,8%, nilai rata-rata hasil tes pada siklus II adalah 54,1. Mulai dari sklus III nilai rata-rata hasil penilaian RPP 3 dan prosentasenya 100%, nilai rata-rata hasil penilaian mengajar guru pada siklus III 3 dan prosentasenya 100%, nilai rata-rata penilaian hasil aktivitas belajar siswa pada siklus III 3 dan prosentasenya 100%, nilai rata-rata hasil tes pada siklus III adalah 81,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara Science Tekhnology Society (STS) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menambah keterampilan guru dalam mengajar.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KLS IV (PTK SDN Cikoneng 2 Kec. Mandalawangi Kab. Pandeglang). (2020). Jurnal Pelita Calistung, 1(01), 5-10. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/22