PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN KERONJEN KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Ari Gunardi Universitas Primagraha
  • Susilawati Ramadewi Universitas Primagraha

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Model Talking Stick

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan model talking stick terhadap hasil belajar IPA materi sifat sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Keronjen Kota Serang Tahun Ajaran 2021 2022.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental desain (Nonequivalent Control Group Design).Penelitian ini dilaksanakan bertempat di SDN Keronjen Kota Serang pada kelas V. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil Uji hipotesis menggunakan Analisis Varian (ANAVA), diperoleh nilai sig = 0,341 Pada Sig. (2-tailed) 0,05 = 0,29 maka Ho diterima. Maka, model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.  Hal ini dikarenakan dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (pembelajaran Talking Stick) dengan siswa kelas kontrol (pembelajaran konvensional).

Downloads

Published

2022-02-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN KERONJEN KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2021/2022. (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(01), 15-28. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/209