PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBANYAKAN KOTA SERANG

Authors

  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Farin Afina Universitas Primagraha

Keywords:

media diorama, hasil belajar, pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Diorama
Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD
Negeri Kebanyakan Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan jenis pre-experimental design (Nondesign). Bentuk yang diambil dari jenis
pre-experimental design (Nondesign) adalah One-Group Pretest-Postest Design.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Kebanyakan dengan jumlah
siswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Test berupa Pilihan Ganda (PG) berjumlah 20 butir soal,
lembar observasi, dan dokumentasi.

Downloads

Published

2022-02-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBANYAKAN KOTA SERANG . (2022). Jurnal Pelita Calistung, 3(01), 1-14. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/208