PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBANYAKAN KOTA SERANG
Keywords:
media diorama, hasil belajar, pembelajaran IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Diorama
Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD
Negeri Kebanyakan Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan jenis pre-experimental design (Nondesign). Bentuk yang diambil dari jenis
pre-experimental design (Nondesign) adalah One-Group Pretest-Postest Design.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Kebanyakan dengan jumlah
siswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Test berupa Pilihan Ganda (PG) berjumlah 20 butir soal,
lembar observasi, dan dokumentasi.