PENGARUH PENDEKATAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI CILAKU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG

Authors

  • Ari Gunardi
  • Uvia Nursehah
  • Nahriyah

Keywords:

Integratif, Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan integratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Cilaku Kota Serang Banten. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cilaku Kota Serang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 81 siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analysis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic diferensial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan pengolahan hasil penelitian berupa pretest dan posttest pada kedua kelas eksperimen, diperoleh hasil nilai sig (2 taild) < 0,05 dimana kelas eksperimen kelas A dan B memiliki nilai 0.00 < 0,05 menggunakan 2 arah one independent sempel test, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan integratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Cilaku Kota Serang Banten.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENDEKATAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI CILAKU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG. (2022). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 3(01), 48-62. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/275