PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUKARATU 4

Authors

  • fauzi Fadliansyah Universitas Primagraha
  • Suhadah UNIVERSITAS PRIMAGRAHA

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i02.601

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, TS TS, Media Gambar.

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan wali kelas di kelas IV SD Sukaratu 4, diperoleh informasi bahwa pada mata pelajaran IPA masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM, dikarenakan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Hal yang menjadi kendala dalam pembelajaran disebabkan karena proses pembelajaran yang terjadi dirancang tanpa model pembelajaran yang bervariasi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak antusias dalam belajar dan siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi metamorfosis hewan. (2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembeljaran Two Stay Two Stray (TS-TS).

Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SD Sukaratu 4 tahun ajaran 2022-2023, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) yaitu 86,00 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 63,33. Hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 26 menggunakan statistik uji Independent Simple t Test menunjukan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan  Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Sukaratu 4.

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUKARATU 4. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 4(02), 79-94. https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i02.601