PENERAPAN MEDIA ANIMASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL-AZHAR 10 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.411Keywords:
Media, Animasi, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan media Animasi dalam pembelajaran pendekatan Kontektual berbasis masalah pada pembelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media animasi gaya pembelajaran IPA, 2.Untuk mengetahui bagaimana penggunaan Penerapan Media Animasi Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 10 Kota Serang. 3.Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media DVD Magic English dengan model pembelajaran Penerapan Media Animasi Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 10 Kota Serang. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik, menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yaitu 1. Guru mata pelajaran IPA SD Al Azhar 10 Serang telah menerapkan media animasi melalui pendekatan kontekstual berbasis masalah, 2. Guru memberikan bimbingan pada prainstruksional. Selanjutnya guru hanya sebagai fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran Animasi telah sukses dilaksanakan oleh guru mata pelajaran IPA SD Al Azhar 10 Serang. 3. Pemanfaatan Pemanfaatan media Animasi Pda Mata pelajran IPA pada pokok bahasan Gaya telah banyak memberikan nuansa positif dan menarik dalam proses pembelajaran Penerapan Media Animasi Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 10 Kota Serang. Hal ini terwujud dikarenakan sarana dan prasarana di sekolah tersebut cukup memadai