PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGOLAH NILAI DENGAN PROGRAM MICROSOFT EXCEL MELALUI PELATIHAN PADA TENAGA PENDIDIK DI SMPN 14 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.409Keywords:
Kompetensi guru menilai, Microsoft excelAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan: (1) aktivitas guru melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada Guru-Guru SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018, dan (2) kemampuan guru dalam mengolah nilai melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada guru-guru SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SMPN 14 Kota Serang pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 selama 6 bulan (Juni s.d. November 2018), dengan subjek penelitian berjumlah 40 guru. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan kemampuan guru dalam mengolah nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan aktivitas guru melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada Guru-Guru SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018. Siklus I skor aktivitas guru sebesar 76 (baik), meningkat menjadi 80 (baik) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 93 (sangat baik) pada siklus III, (2) terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengolah nilai melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada guru-guru SMPN 14 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut diketahui dari peningkatan rata-rata kemampuan guru dalam mengolah nilai, siklus I sebesar 66 (cukup), meningkat menjadi 80 (baik) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 92 (sangat baik) pada siklus III.