EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TRADE A-PROBLEM PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SERANG TAHUN

Authors

  • emi sri wiharjanti emi SMP Negeri 10 Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.408

Keywords:

Metode Trade A-Problem, Efektivitas Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 10, saat ini masih didominasi oleh pendekatan ekspositori sehingga peserta didik hanya menerima apa yang diberikan oleh gurunya. Hal tersebut kurang menunjang suasana dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kejenuhan dan kebosanan pada diri peserta didik sehingga menyebabkan banyak peserta didik tidak tertarik dan tidak berminat terhadap pelajaran matematika. Salah satu strategi pembelajaran yang mengatasi permasalahan di atas adalah metode pembelajaran trade a-problem pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 yang menuntut peserta didik untuk aktif merumuskan soal sendiri, dan jawaban dari soal itu dibuat oleh peserta didik sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward melalui metode trade a-problem efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok Persamaan Kuadrat kelas IX SMP Negeri 10 tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX. Dengan diterapkan metode pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis awal terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Untuk menguji tes digunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan hasil perolehan, terdapat nilai prosentase ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 52,25%, siklus I sebesar 80% dan siklus II sebesar 93%. Dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari 69,9 menjadi 87,64 di siklus I dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan di siklus II sebesar 90,82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian reward melalui metode pembelajaran trade a- problem efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi Persamaan Kuadrat banyak kelas IX SMP Negeri 10 tahun pelajaran 2021/2022. 

Downloads

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TRADE A-PROBLEM PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SERANG TAHUN . (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 4(01), 15-28. https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.408