MENINGKATN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN CINANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TENTANG TEMA 1 MUATAN IPA PERKEMBANGBIAKAN TANAMAN DISEKITAR KITA MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN PENUGASAN BERBASASIS PROYEK DI RUMAH TAHUN PELAJARAN 201

Authors

  • sunaenah Guru SDN Cinanggung

DOI:

https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.407

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar IPA, Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah

Abstract

Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan siswa kelas VI semester II SDN Cinanggung Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Mujiman, 2007: 34) dengan tiga tahapan yaitu Perencanaan tindakan (Plenning), pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation) serta revleksi (revlection). Subjek penelitian ini dilaksanakan di SDN Cinanggung semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Setelah diadakan penelitian dengan menggunakan Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 82,35 % ( 23 anak dari 28 anak), yang belum tuntas 17,65 % (5 anak dari 28 anak). Sedang penelitian pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100 %. Penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar anak, indicator keberhasilan itu meningkatnya hasil belajar anak menjadi 82,35 % setelah dilaksanakan dengan Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah. Hal ini disebabkan dengan Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah anak lebih aktif dan lebih mandiri sehingga daya serap anak meningkat. Bagi guru sekolah dasar hendaknya dalam melakukan proses Pembelajaran menggunakan Pembelajaran penugasan berbasis proyek di rumah agar hasil yang diperoleh anak optimal, karena dengan pendekatan kontekstual anak langsung mendapat pengalaman dari alam atau lingkungan. 

Downloads

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN CINANGGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TENTANG TEMA 1 MUATAN IPA PERKEMBANGBIAKAN TANAMAN DISEKITAR KITA MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN PENUGASAN BERBASASIS PROYEK DI RUMAH TAHUN PELAJARAN 201. (2023). JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika), 4(01), 1-14. https://doi.org/10.59605/jp3m.v4i01.407