Petunjuk Penulisan

PANDUAN PENULIS

Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka

Template Penulisan

 

JUDUL ARTIKEL

Judul artikel tidak lebih dari 15 kata menggunakan bahasa Indonesia yang menarik, informatif, singkat dan jelas. Tidak boleh multi tafsir dan harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Tidak mengandung singkatan yang tidak lazim, tidak menyebutkan metode serta tidak menyebutkan objek/lokasi pelaksanaan pengabdian. Ide utama harus ditulis pertama dan diikuti oleh penjelasannya (font arial berukuran 14 pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks rata kiri).

Penulis

-

Abstrak

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia berisikan tentang intisari dari latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat, tujuan kegiatan, metode pelaksanaan kegiatan, dan hasil kegiatan. Abstrak ditulis tidak lebih dari 200 kata dengan font arial ukuran 8, spasi tunggal, cetak miring dan dalam satu paragraf)

Kata Kunci

Kata kunci terdiri atas minimal 3 kata kunci dan maksimal 6 kata kunci yang setiap kata kunci dipisah oleh tanda titik koma (;), dan ditulis miring (italic) (Font arial 8 spasi tunggal, dan cetak miring

 

PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan berisi paparan masalah, tantangan, atau kebutuhan masyarakat (mitra) yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat, dan hasil kajian pustaka. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel. [Arial, 11].

Prinsip utama pengabdian adalah memecahkan masalah. Pendahuluan memuat latar belakang dan urgensi sehingga kegiatan pengabdian penting untuk dilaksanakan, dengan memuat hal-hal sebagai berikut: (1). Analisis situasi (Uraiakan kondisi khalayak sasaran/mitra kegiatan, persoalan mendasar yang dihadapi mitra yang didukung oleh data yang lengkap dan diusahakan data bersifat kuantitatif). (2). Uraikan program kerja yang diabdikan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi khalayak sasaran/mitra kegiatan. Program pengabdian yang akan dilaksanakan dapat memecahkan masalah khalayak sasaran. (3). Uraikan kehandalan teknologi/jasa/kebijakan yang akan diabdikan ke khalayak sasaran dirujuk dari berbagai hasil penelitian yang bersumber dari jurnal ilmiah/laporan penelitian/laporan disertasi/laporan tesis/laporan skripsi/sumber ilmiah lainnya. (4). Tujuan kegiatan (Kalimat tujuan kegiatan harus lugas dan jelas karena ketercapaian tujuan yang akan menjadi kesimpulan).

Catatan: Pada Pendahuluan ini cuma berisi narasi. Tidak ada Gambar atau Tabel.

 

METODE PELAKSANAAN

Bagian metode pelaksanaan berisi paparan tentang tahapan-tahapan atau langkah-langkah dalam mengambarkan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan masyarakat (mitra). Penulisan metode pelaksanaan dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. [Arial, 11]. Secara terperinci metode Pelaksanaan memuat hal-hal berikut:

  1. Tempat dan Waktu (Uraikan lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan. Jika memungkinkan disertai peta atau gambar lokasi lainnya)
  2. Khalayak sararan/Mitra Kegiatan (Uraikan siapa, berapa, dan bagaimana cara menentukannya).
  3. Metode Pengabdian (Uraikan apa saja yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian. Contoh: Kegiatan Penyuluhan menggunakan metode..... Kegiatan pelatihan menggunakan metode....... Kegiatan pendampingan menggunakan metode....... Kegiatan Demonstrasi menggunakan metode......., dll sesuai dengan substansi pengabdian)
  4. Indikator Keberhasilan (Uraikan indikator setiap kegiatan yang telah dituliskan pada metode di atas yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian)
  5. Metode Evaluasi (Uraikan metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi ketercapaian indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan pada point 4. Contoh Uji statistik/deskriptif/lainnya yang relevan)

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan berisi paparan hasil kegiatan pengabdian masyarakat analisis yang berkaitan dengan tujuan kegiatan. Setiap hasil pengabdian masyarakat harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingkan dengan teori dan/atau hasil penelitian/hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat lain yang relevan. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel. Hasil pengabdian masyarakat dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. [Arial, 11]

 

Tabel 1. Judul Tabel (Font Arial 8 pt, 1 spasi)

Kolom 1

Kolom 2

Kolom 3

Kolom 4

Baris 1

Baris 1

Baris 1

Baris 1

Baris 2

Baris 2

Baris 2

Baris 2

 

Gambar 1. Tulis keterangan gambar.

 

Hasil dan pembahasan harus link dengan metode pelaksanaan terutama link dengan metode pengabdian (contoh: membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan pelatihan, membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan demonstrasi, dll). Harus dibahas pula apakah hasil evaluasi telah memenuhi indicator keberhasilan.

Contoh:

  1. Kegiatan A .................................
  2. Kegiatan B .................................
  3. Dst .................................
  4. Keberhasilan Kegiatan .................................

 

KESIMPULAN

Bagian simpulan berisi capaian kegiatan pengabdian masyarakat kaitannya dengan tujuan dan target kegiatan berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf. [Arial, 11].

 

UCAPAN TERIMA KASIH (Jika diperlukan)

Ucapan terima kasih bisa disampaikan kepada yang memberi hibah pengabdian masyarakat (jika pengabdian masyarakat berasal dari dana hibah). [Arial, 11].

 

DAFTAR RUJUKAN

Daftar rujukan minimal memuat 10 rujukan dari data primer (sumber dari artikel penelitian dalam jurnal ilmiah dan berupa buku) dan sumber data lain (laporan penelitian/pengabdian kepada masyarakat, berita dalam surat kabar, dll) disusun secara alfabetis. Daftar rujukan menggunakan standar APA (American Psychological Association) Style 7th edition serta wajib menggunakan manajemen referensi Mendeley [Arial, 11].