PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING

Authors

  • Gaung Pradana SMAN 4 Tangerang
  • Muhamad Ridwan SMAN 1 Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v3i1.307

Keywords:

teknologi, e-learning, Edmodo

Abstract

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi baik di bidang pendidikan merupakan salah satu media pendukung dalam peningkatan hasil belajar siswa. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran banyak melahirkan konsep-konsep baru dalam pembelajaran berbasis IT atau yang lebih dikenal e-learning. Banyak media e-learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya Edmodo. Edmodo adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang menyediakan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan guru untuk kegiatan pembelajaran. Dengan Edmodo, siswa diharakan akan lebih berpartisipasi dalam pembelajaran matematika dan tujuan belajar yang sudah dirancang dapat tercapai. Pemanfaatan Edmodo secara luas juga diharapkan akan meningkatkan kompetensi siswa agar lebih siap menghadapi perkembangan jaman yang semakin hari semakin maju. Edmodo menerapkan berbagai metode pembelajaran seperti  tugas mandiri, games, maupun diskusi.

References

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif. JPTK, VI(2).

Chairun Najah. (2014). STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS ATEACHER HERE BERBANTUAN E-LEARNING EDMODO DAN PEER LESSON BERBANTUAN E-LEARNING DI KELAS VII SMPN 7 KOTA JAMBI. Universitas Jambi, 1–10.

Dwiharja, L. M. (2015). MEMANFAATKAN EDMODO SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY“ Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA,” 332–344.

Janet Looney. (2008). Teaching, Learning and Assessment for Adults IMPROVING FOUNDATION SKILLS Cent. USA: OECD. Retrieved from www.oecd.org/publishing/corrigenda.

Prastyawan. (2011). Inovasi kurikulum dan pembelajaran. Al-Hikmah, 1(September), 170–181.

Puspita, S. C., & Palekahelu, D. T. (2014). PEMANFAATAN EDMODO PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X MA Al-AZHAR WIROSARI TAHUN AJARAN 2013 / 2014, 1–20.

Soekartawi. (2007). Merancang dan Menyelenggarakan E-learning. Yogyakarta: Ardana Media.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suriadhi, G. (2014). Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech, II.

Trisnawati, F. (2015). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK SMP NEGERI 25 SEMARANG. UNESA.

Wardono. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri 1, 6(1), 93–100.

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING. (2022). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 3(1), 87-100. https://doi.org/10.59605/abacus.v3i1.307