Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus <p>Jurnal Abacus (<em>Academic Journal of Matemathis</em>) memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan matematika dan proses pembelajaran baik secara penelitian dan secara pengkajian ilmiah. Jurnal ini diterbitkan berkala pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Terbitan pertama pada bulan Desember 2020, berisikan 5 artikel </p> en-US matematikaprimagraha@gmail.com (Teti Trisnawati, M.Pd.) deddy.rusdiansyah@gmail.com (Deddy Rusdiansyah) Tue, 15 Dec 2020 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE SOKRATIS MATERI STATISTIKA https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/381 <p>Masalah&nbsp; dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; rendahnya&nbsp; aktivitas&nbsp; dan&nbsp; hasil&nbsp; belajar matematika siswa, sehingga perlu dilakukan suatu penelitian agar dapat teratasi permasalahan tersebut.&nbsp; Subjek&nbsp; dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; siswa&nbsp; kelas&nbsp; XII MM SMK N 7 Pandeglang&nbsp; dengan&nbsp; objek&nbsp; aktivitas&nbsp; dan&nbsp; hasil&nbsp; belajar&nbsp; siswa&nbsp; pada&nbsp; materi statistik&nbsp; dengan&nbsp; menggunakan&nbsp; metode sokratis. Jenis&nbsp; penelitian&nbsp; adalah&nbsp; Penelitian&nbsp; Tindakan&nbsp; Kelas&nbsp; yang&nbsp; dilakukan&nbsp; dalam&nbsp; 2&nbsp; siklus. Gagasan peneliti, motode pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah ini adalah metode sokratis. Metode sokratis hampir sama dengan Tanya-jawab. Kegiatan Guru pada metode sokratis yang paling menonjol ialah bertanya dan memperhatikan jawaban para siswa. Dari hasil observasi pada pra siklus jumlah skor total 73 keaktifan belajar meningkat 45 pada siklus I. Pada siklus I jumlah skor total sebesar 118 keaktifan belajar meningkat sebesar 31 pada siklus II&nbsp; jumlah skor total kekatifan belajar siswa mengalami peningkatan, jumlah persentase hasil belajar siswa meningkat 6,06% pada&nbsp; siklus&nbsp; I.&nbsp; Pada&nbsp; siklus&nbsp; I&nbsp; jumlah&nbsp; persentase&nbsp; ketuntasan&nbsp; hasil&nbsp; belajar&nbsp; siswa 54,54% meningkat 39,39% pada siklus II jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan jumlah persentase 93,93%. Dalam penelitian ini terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model metode sokratis pada materi statistic di SMK NEGERI 7 Pandeglang.</p> Binti Khusnul Chotimah, Asep Wahyudin Copyright (c) 2023 Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/381 Mon, 20 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/382 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai hubungan langsung kecerdasan numerik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Besar sampel sebanyak 90 siswa yang diperoleh dengan teknik multi stage sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Instrumen tes berbentuk tes pilihan ganda untuk mengukur kecerdasan numeric, instrumen non tes yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah matematik diukur dengan tes bentuk uraian. Hasil uji hipotesisnya, yaitu&nbsp; (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemandirian belajar (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik melalui kemandirian belajar.</p> Dina Nurrochmatunnisa Copyright (c) 2023 Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/382 Mon, 20 Mar 2023 00:00:00 +0700 MENINGATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/383 <p>Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru. Penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Tujuan penelitian ini untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Waringinkurung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) yaitu kelas X IPA V yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran matematika Problem Based Learning dan X IPA IV dengan pembelajaran ekspositori. Analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori</p> Eva Fitria Ningsih, Venita Anggraeni Copyright (c) 2023 Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/383 Mon, 20 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LEUWIDAMAR https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/384 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Inquiry Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika di kelas X SMA. Penelitian ini berbentuk kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Leuwidamar. Untuk menguji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan reliabilitas instrumen dalam bentuk tes subjektif digunakan rumus Alpha, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda menggunakan indeks diskriminasi (D) dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Berdasarkan&nbsp; analisis data, hasil penghitungan data penelitian diperoleh skor t hitung &gt; t tabel (2,639&gt;1,693), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang positif dan signifikan dengan menerapkan metode Inquiry Discovery Learning dibandingkan dengan&nbsp; tanpa menggunakan metode Inquiry Discovery Learning.</p> Sundanah Sundanah, Malik Abdul Aziz Copyright (c) 2023 Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/384 Mon, 20 Mar 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN 10 KOTA SERANG https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/385 <p>Penelitian ini dilatar belakangi bahwa matematika menjadi pelajaran&nbsp; yang tidak disukai dikalangan para siswa karena matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit, padahal kesulitan yang dihadapi siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara&nbsp; baik serta kurangnya pemahaman aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran dikelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada Guru (<em>teacher centered</em>). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>realistic mathematics education</em> dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran <em>realistic mathematics education </em>(RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>quasi-eksperimen</em>, dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 10 kelas, pengambilan sampel menggunakan <em>simple random sempling</em> didapat dua kelas yaitu kelas VIIC dan VIID untuk kelas eksperimen kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (<em>pre-test</em>) dan setelah pembelajaran (<em>post-test</em>). Untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran dilakukan dengan uji N-Gain dimana didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 0,0753 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,0743 dimana peningkatan dalam hasil belajar tergolong rendah dengn peningkatan 7,5%. untuk pengaruh sikap Siswa dilakukan uji regresi dimana mempunyai nilai sig 0,184 untuk kelas eksperimen dan 0,133 untuk kelas kontrol dimana kedua data tersebut &nbsp;maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh hasil belajar Siswa terhadap sikap Siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol</p> Teti Trisnawati, Ernawati Ernawati Copyright (c) 2023 Abacus https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/385 Mon, 20 Mar 2023 00:00:00 +0700