Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SD Negeri Dermayon Serang

Authors

  • Yuniar Euis Ismayati Universitas Primagraha
  • Husaeni Benies Universitas Primagraha
  • Rosadi Imron Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.720

Keywords:

Kampus Mengajar, Pengembangan Mahasiswa

Abstract

Penelitian Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri Dermayon Serang bertujuan agar mahasiswa dapat belajar dan mengembangkan diri, membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dan motivasi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. Adapun dalam proses kegiatan ini mahasiswa ditugaskan dalam satu tim, menjadi rekan guru dan berkolaborasi bertujun untuk mengembangkan pendidikan. Sedangkan program utama kampus mengajar yang dilakukan di SD Negeri Dermayon Serang, yaitu pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi. Oleh karena itu, Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri, agar bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar serta mengaktualisasikan minat dan semangat belajar pada mahasiswa.

References

Abady, M,Yusrie, (2011), Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jakarta: Abbani Press. As`ad, Aliy, (2007), Terjemahan Ta`lim Muta`allim, Kudus: Menara Kudus.

Asrori, Mohammad, (2009), Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima. Djamarah, Syaiful, Bahri, (2011), Psikologi Belajar, Jakarta: PT RinekaCipta.

Fahram, Muhammad Khaidir., Kusuma, Vina Vijaya., & Gunawan, Dede . (2020) Animasi Multimedia Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Khairiyah. Jurnal Insan Unggul 8(2),168-187.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M.Sobry, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT RefikaAditama.

Faturrahman, Dkk, (2012), PengantarPendidikan, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Haamdayana, Jumanta, (2014), Model dan Metode Pembelajran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamalik, Oemar, (2001), Proses BelajarMengajar.Jakarta: PT. BumiAksara.

Hari, wijaya, Triton, (2005), Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Tesis, Yogyakarta: Tugu Publisher.

Ibrahim, R.S dan Nana Syaodih, (2010), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kay, Janet, (2013), Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Kansius.

Kesuma, Dharma dan Hermana, Dody, (2010) Contextual Teaching and Learning, Yogyakarta: Rahayasa Research and Trainin.

Kompri, (2015), Motivasi Pembelajaran perspektif guru dan siswa, Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Leonhardt Mary, (2002), 99 Cara Agar Anak Anda Asyik Mengerjakan PR, Bandung: Mizan Media Utama.

Mulyono, (2012), Startegi Pembelajaran, Malang: UIN Malik Press.

Munandar, Utami, (2009), Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT RinekaCipta.

Program Kampus Mengajar, (2022), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 1 agustus 2022).

Purwanto, M, Ngalim, (2013), Psikologi Pendidikan, Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Ramayulis, (2013), Profesi & Etika Keguruan, Jakarta: KalamMulia.

Rohani Ahmad, (2010), Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT RinekaCipta.

RusyanA.Tabrani, (2001), Pembelajaran Pendidikan Budipekeri, Cianjur: PT

KandagaCiptaKarya.

Rusydie, Salman, (2012), kembangkan dirimu jadi guru multitalenta, Jogjakarta: Diva Press.

Sardiman, A.M, (2011), Interaksi dan Motivasi Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers. Slameto, (2013), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarata:

RinekaCipta.

Soemanto, Wasty, (1987), Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bina Aksara. Suciati, (1990), Belajar dan pembelajaran 2, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Kampus Mengajar. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi; Kementerian Pendidikan,

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SD Negeri Dermayon Serang. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(2), 10-22. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.720