Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Type Indicator Berdasarkan Gender

Authors

  • Munaji Muhamad Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuhana Yuyu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anriani Nurul Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.718

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, kerpibadian MBTI, Gender

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi masalah serius bagi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Perbedaan kepribadian dan gender menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan pada diri siswa dalam menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kepribadian Myer Briggs Type Indikator (MBTI) berdasarkan gender. Subjek yang dipilih merupakan siswa kelas XI-2 dan XI-6 di SMA Negeri 3 Kota Serang semester ganjil tahun 2023/2024.  8 subjek dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan ketentuan 2 subjek guardian, 2 subjek artisan, 2 subjek rational, dan 2 subjek idealist. 2 subjek dari setiap tipe kepribadian tersebut mewakili 1 laki-laki dan 1 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setiap subjek diberikan 2 soal cerita mengenai materi SPLDV dengan durasi 20 menit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek guardian laki-laki, subjek artisan laki-laki, dan subjek idealist laki-laki menjadi subjek yang mampu melewati semua tahapan pemecahan menurut Polya dengan baik dan benar. Untuk kemampuan subjek rational laki-laki, subjek guardian perempuan, subjek artisan perempuan, dan subjek rational perempuan hanya mampu melewati 1 tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yakni tahap memahami masalah. Sedangkan subjek idealist perempuan, mampu melewati 3 tahapan pemecahan masalah menurut Polya hanya pada satu soal saja, yakni memahami, merencakan dan melaksanakan, namun soal lainnya belum dikerjakan karena waktu yang diberikan dirasa kurang.

References

Agustina, R., & Farida, N. (2015). "Proses Berpikir Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Phlegmatis". Aksioma, 4(1): 1–8. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.92

Anggreini , D., & Saputra, D. K. (2020). Profile of Skills Students in Resolving Problems Trigonometry Based on Personality Type Myer-Briggs. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3, 531–536. https://doi.org/10.14421/icse.v3.557

Aryanto, E., Suharto, S., Setiawan, T., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Kadikma, 9(2), 185-193. doi:10.19184/kdma.v9i2.10493

Briggs, K. C., & Myers, I. B. 1995. Gifts Differing: Understanding Personality Type. California: Davies-Black Publishing, a Division of Consulting Psychologist Press, Inc.Palo Alto California.

Bungin, B. (2010). Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Cet ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Elliott, S. N., et. Al (2000). Educational Psychology Effective Teaching Effective Learning. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Fitria, C., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Analisis kesulitan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist kelas X SMKN I Jombang. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(9), 824–835. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Hamidah & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al Jabar; Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231-248

Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang.

Ilmiyana, M. (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Keirsey, D., & Bates. (1984). Please Understand Me. California: Promotheus Nemesis Book Company.

Kumalasari, A., Winarni, S., Rohati, R., Marlina, M., & Saputra, J. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Artisan Ditinjau Dari Pengetahuan Prosedural. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2872-2881. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1714

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Pertiwi, W. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Marioriwawo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rabbani, A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1525–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815

Riawan, I., Sujiran, & Puspananda, D. R. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 13-24. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.20

Sanjaya, I. W., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2017). Korelasi Antara Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Kelas V SDN 10 Sanur Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11030

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Sari, R. R. A., Anggreni, F., & Abduh, M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Sebuah Tinjauan terhadap Kepribadian Guardian dan Idealis. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 117-130. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i1.2929

Sudantra, I. K. (2012). Asupundung dan alangkahi karang hulu: Ketidakadilan gender dalam sistem wangsa. Jurnal Studi Jender SRIKANDI, 1-11.

Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.21

Talib, A., Djam’an, N., & Wahyuni, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V. (2021). Pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106-115. http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12643

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Type Indicator Berdasarkan Gender. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(2), 30-47. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.718