Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Nur El Falah

Authors

  • Khotimah Husnul Universitas Primagraha
  • Safitri Rani Universitas Primagraha
  • Nupus Sohiyati Universitas Primagraha
  • Trisnawati Teti Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.717

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Matematis

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagai akibat dari pembelajaran berbasis masalah.  Penelitian ini adalah data eksperimen yang menerapkan dua pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu MTS Nur El Falah. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh satu kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan karena kecerobohan atau kurang cermat, kesalahan mentransformasikan informasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan memahami soal.

 

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Branca, N.A. (1980). Problem Solving as Goal, Process and Basic Skills. in S Krulik and R.E. Reys (Eds). Problem Solving in School Mathematics. Washington DC: NCTM.

Branca, N.A. (1980). Problem Solving as Goal, Process and Basic Skills. in S Krulik and R.E. Reys (Eds). Problem Solving in School Mathematics. Washington DC: NCTM

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Fahram, Muhammad Khaidir., Kusuma, Vina Vijaya., & Gunawan, Dede . (2020) Animasi Multimedia Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Khairiyah. Jurnal Insan Unggul 8(2),168-187.

Kaya, D. (2016). Elementary Mathematics Teachers ’ Perceptions and Lived Experiences on Mathematical Communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6), 1619–1629. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1203a

Kusuma, Vina Vijaya ., & Fatimah, Fenti (2021). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 9 Mts Jariyatul Islamiyah. Jurnal : Abacus, 2(2). 48-56. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i2.226.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics, United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Tarsito: Bandung. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Journal On Education, 01(02), 344–352. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.74.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Journal On Education, 01(02), 344–352. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.74.

Sugiarto, H., & Budiarto, M. T. (2014). MATHE dunesa. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemmapuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kodya Bandung. Laporan Penelitian UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Tina Sri Sumartini, M.Pd. (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. www. jurnalmtk.stkip-garut.ac.id.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Nur El Falah. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(2), 60-75. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.717