Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v4i2.716Keywords:
Analisis deskriptif, Kemampuan Penalaran Matematis, Teorema PythagorasAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebagai akibat dari pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menerapkan dua pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMAN 4 Kota Serang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh satu kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29.
Ardi Gustiadi1, *Nina Agustyaningrum2, Yudhi Hanggara3 1,2,3 Universitas Riau Kepulauan
Chorudah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa sma. Infinity Jurnal, 2(2), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p194-202
Dewi, R. S., Sundayana, R., & Learning, P. B. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(September), 463–474. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830
Fahram, Muhammad Khaidir., Kusuma, Vina Vijaya., & Gunawan, Dede . (2020) Animasi Multimedia Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Khairiyah. Jurnal Insan Unggul 8(2),168-187.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., & Sarumaha, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(1), 13–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602.
Kaya, D. (2016). Elementary Mathematics Teachers ’ Perceptions and Lived Experiences on Mathematical Communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6), 1619–1629. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1203a
Kusuma, Vina Vijaya ., & Fatimah, Fenti (2021). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 9 Mts Jariyatul Islamiyah. Jurnal : Abacus, 2(2). 48-56. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i2.226.
[email protected]. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga.https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/894
Nugroho, A. D., Zulkarnaen, R., & Rahmlah. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 81–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.13406
Pinanti, R. D. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p
Prayitno, S., Suwarsono, & Siswono, T. Y. E. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, November, 565–572. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10796
Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Journal On Education, 01(02), 344–352. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.74 Saidah, & Mardiani, D. (2021). Kesulitan Siswa SMP Terhadap Soal Komunikasi Matematis pada Materi Penyajian Data. PLUS MINUS Jurnal Pendidikan Matematika, 1(November) 531–540. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1457
Siswanti, R. E., & Khabibah, S. (2016). PENALARAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p
Sugiarto, H., & Budiarto, M. T. (2014). MATHE dunesa. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25p
Tina Sri Sumartini (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1, April 2015 https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran matemati-55500f0f.pdf
Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Jurnal, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9
Untarti, R., & Subekti, F. E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gender Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum SMP. Pythagoras, 5(2), 139–150. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.466