Masa Depan Pendidikan Matematika: Strategi Inovatif untuk Melibatkan Siswa di Era Digital

Authors

  • Asep Saefullah Kamali

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.611

Keywords:

Era Digital, Pendidikan Matematika, Strategi Inovatif

Abstract

Di era digital yang berkembang pesat saat ini, masa depan pendidikan matematika sedang mengalami transformasi besar. Metode pengajaran tradisional tidak lagi cukup untuk menarik perhatian dan melibatkan pikiran siswa yang melek teknologi. Seiring dengan teknologi yang terus membentuk dunia kita, para pendidik harus beradaptasi dan menggunakan strategi inovatif untuk membuat matematika lebih mudah diakses dan menarik. Masa depan pendidikan matematika terletak pada pengintegrasian alat digital, platform interaktif, dan teknik gamifikasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif. Dengan memanfaatkan kekuatan teknologi, para pendidik dapat memecah konsep matematika yang kompleks menjadi modul-modul interaktif yang sesuai dengan gaya belajar yang berbeda. Dari simulasi realitas virtual hingga algoritme pembelajaran yang dipersonalisasi, kemungkinannya benar-benar tidak terbatas. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi strategi mutakhir yang merevolusi pendidikan matematika dan memberdayakan siswa untuk menjadi pemecah masalah yang percaya diri di era digital.

References

Taleb, H. H. and E. W. (2013). The Effect of Using Brainstorming Strategy on Developing Creative Thinking Skills for Sixth Grade Students in Science Teaching. 2013 Fourth International Conference on E-Learning "Best Practices in Management, Design and Development of e-Courses: Standards of Excellence and Creativity, 169–173. https://doi.org/10.1109/ECONF.2013.25

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Aiamy, M., & Haghani, F. (2012). The Effect of Synectics & Brainstorming on 3 rd Grade Students’development of Creative Thinking on Science. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 610–613. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.704.

Azhari, A., S. (2014). Peningkatan Keterampilan berpikir kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12

Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan Keterampilan berpikir kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12.

Budiyanto, A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran: Student Centered Learning (SCL). Universitas Muhammadiyah Malang.

Haerudin. (2011). Penerapan Motode SAVI Dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Indrawati, D. (2011). Strategi Belajar Mengajar “SAINS.” Jember: UPT UNEJ.

Maharani, H. R. (2014). Creative thinking in mathematics: Are we able to solve mathematical problems in a variety of way. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 23(ICMSE).

Noer, S. H. (2011). Keterampilan berpikir kreatif Matematika berbasis Masalah Open-

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Masa Depan Pendidikan Matematika: Strategi Inovatif untuk Melibatkan Siswa di Era Digital. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.611